Catat, Bontang Mangrove Park TNK Kembali Buka 6 Juli 2020

Home / Wisata / Sambut New Normal, Bontang Mangrove Park TNK Kembali Buka 6 Juli 2020
Sambut New Normal, Bontang Mangrove Park TNK Kembali Buka 6 Juli 2020 Kepala kantor TNK, Nur Patria saat berada di salah satu gazebo yang ada di kawasan wisata bontang mangrove park (FOTO: Nur Patria for TIMES Indonesia)
Fokus Berita

TIMESMALANG, BONTANGBontang Mangrove Park Taman Nasional Kutai (TNK), telah lama tutup akibat pandemi Covid-19. Masuki masa new normal, objek wisata ini akan kembali buka 6 Juli 2020.

Pembukaan taman mangrove ini sesuai dengan surat imbauan Wali Kota Bontang nomor 556/269/dispopar tentang reaktivitas Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) dan Tempat Hiburan Malam (THM).

Kepala kantor TNK, Nur Patria menjelaskan saat ini pihaknya tengah mematangkan persiapan protokol kesehatan untuk menerima pengunjung. Diantaranya, menyediakan tempat cuci tangan di loket karcis, memasang puluhan rambu-rambu dan spanduk imbauan tentang protokol Covid-19.

“Pemerintah sudah memperbolehkan tempat wisata buka sejak 26 Juni 2020 lalu. Tapi, untuk menyambut pengunjung, kami harus melakukan persiapan yang matang. Seperti penyediaan sarana dan prasarana pendukukung pencegahan Covid-19, serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” ujar Nur Patria saat dihubungi Bontang TIMES, Minggu (5/6/2020).

Nur Patria mengatakan, sebelum memasuki taman mangrove TNK, para pengunjung diwajibkan mencuci tangan sebelum membeli karcis di loket. Lalu, dilakukan pengecekan suhu tubuh. Pengunjung yang memiliki suhu tubuh diatas 37 derajat celcius tidak diperkenankan masuk.

“Pengunjung kami wajibkan menggunakan masker, dan juga wajib mengisi buku tamu,” tambahnya.

Untuk mendisiplinkan protokol kesehatan, pihaknya juga menempatkan beberapa petugas untuk melakukan patroli keliling guna mengawasi para pengunjung. Selain itu, agar pengunjung tidak berpapasan saat melakukan treking di kawasan seluas 280 hektar ini, pihaknya juga melakukan perubahan pada jalur treking.

“Jalur treking kami buat melingkar, agar tidak berpapasan dengan pengunjung lain. Pengunjung juga wajib menjaga jarak minimal satu meter, dan tidak boleh berkerumun,” jelasnya.

Adapun untuk kapasitas pengunjung, Nur Patria menyebutkan jika saat ini objek wisata mangrove TNK hanya akan menampung kurang lebih sepertiga dari total kapasitas daya tampung.

“Kalau total kapasitas di mangrove TNK ini bisa lebih dari seribu orang. Tapi karena ada aturan pembatasan, saat ini kami hanya menampung sepertiga pengunjung saja atau sekitar 400 orang. Selain itu, hari operasional kami buka dari Sabtu-Kamis, hari Jumat dilakukan penyemprotan desinfektan,” imbuhnya.

Ia pun menegaskan agar para pengunjung dapat mengindahkan protokol kesehatan yang diberlakukan di Bontang Mangrove Park TNK ini. “Menerapkan protokol kesehatan memang agak sulit. Tapi kebiasaan ini yang harus kita latih kepada masyarakat,” ujar Kepala Kantor TNK, Nur Patria. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com