Pemandian Warno Ijen, Muasal Air Terjun Purba Tirai Bidadari yang Menakjubkan

Home / Wisata / Pemandian Warno Ijen, Muasal Air Terjun Purba Tirai Bidadari yang Menakjubkan
Pemandian Warno Ijen, Muasal Air Terjun Purba Tirai Bidadari yang Menakjubkan Pemandian Warno Ijen di Tiris, Probolinggo (foto: Kang Dolex/TIMES Indonesia)

TIMESMALANG, PROBOLINGGO – Pernah ke Air Terjun Purba Tirai Bidadari di Tiris, Probolinggo, Jatim? Air terjun di aliran Sungai Pekalen ini ternyata berasal dari pemandian di atasnya yang tak kalah menajubkan. Pemandian Warno Ijen namanya.

Pemandian ini alami. Airnya bersumber dari belasan sumber mata air di sekitarnya. Mengalir dan berkelok melintasi bebatuan, hingga jatuh ke pemandian. Jernih dan segar.

Dari pemandian ini, air segera mengalir ke utara. Melewati batu-batu, dan jatuh menjadi Air Terjun Tirai Bidadari. Bersatu dengan aliran Sungai Pekalen, yang menjadi spot foto andalan wisata arung jeram.

Maka jangan heran, berkunjung dan mandi di Pemandian Warno Ijen ini, wisatawan akan merasakan gemericik dan gemuruh air terjun. Khas pegunungan nan asri.

Sabtu (4/7/2020), tim Eksplor Wisata Probolinggo menjelajahi tempat Pemandian yang tak jauh dari lapangan Ranugedang ini. Mengendarai motor, kemudian berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter.

Bekal nasi jagung bungkus dinikmati di tempat ini. Sambil duduk di batu-batu di tepi pemandian. "Pemandian Warno Ijen ini tempat yang sangat menarik karena banyak sumber mata airnya," kata Mahdi, tim Eksplor Wisata Probolinggo.

Selain Mahdi yang juga anggota DPRD Jatim, ada Amin Haddar, legislator DPRD Kabupaten Probolinggo dalam tim ini. "Tempatnya asyik. Alami dan segar," kata pria bertubuh tinggi ini.

Mahdi mengatakan, pemandian ini memerlukan perhatian dari desa setempat atau bahkan Pemkab Probolinggo. Terutama dari sisi keamanan pengunjung di kemudian hari.

Dengan suasana nyaman dan panorama indah, Pemandian Warno Ijen potensial rame oleh pengunjung. "Yang sisi utara jangan sampai dilewati orang (pengunjung, Red). Karena di situ (air, Red) langsung jatuh menjadi air terjun," katanya kepada TIMES Indonesia. (*)

Di media sosial, panorama Pemandian Warno Ijen di Probolinggo ini mulai banyak diunggah. Ada yang berupa foto, juga ada yang berupa video. Lengkap dengan aliran airnya, hingga menjadi Air Terjun Purba Tirai Bidadari. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com