Pilkada 2018

54 Anggota Panwascam di Bangkalan Resmi Dilantik

Home / Berita / 54 Anggota Panwascam di Bangkalan Resmi Dilantik
54 Anggota Panwascam di Bangkalan Resmi Dilantik Ketua Panwaslu Bangkalan Mustain Saleh saat melantik 54 anggota Panwascam se Kabupaten Bangkalan. (foto: Doni Heriyanto/TIMES Indonesia)

TIMESMALANG, BANGKALAN – Sebanyak 54 anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Bangkalan resmi dilantik oleh Ketua Panwaslu Kabupaten setempat, di gedung Rato Ebhu, Rabu (1/11/2017).

Pelantikan panwascam tersebut berdasarkan hasil rapat pleno Panwaslu Bangkalan beberapa hari yang lalu. Panwascam ini juga  dinyatakan sudah lulus seleksi administrasi, tes tulis, wawancara dan tes narkoba maupun persyaratan lainnya.

"Anggota Panwascam yang dilantik ini dari 18 kecamatan," ucap Ketua Panwaslu Kabupaten Bangkalan, Ahmad Mustain Saleh, Rabu (1/11/2017).

Menurutnya, anggota Panwascam terpilih, nantinya akan bekerja untuk mengawasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan sekaligus pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 mendatang.

"Setelah dilantik mereka harus langsung bekerja, karena tahapan pilkada 2018 sudah dimulai," imbuhnya. 

Mustain tidak memungkiri jika sebagian anggota Panwascam yang dilantik merupakan mantan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Namun, keberadaan mereka justru dinilai positif karena telah berpengalaman dan memahami titik-titik potensi terjadinya pelanggaran.

"Mereka sudah dua kali menjadi anggota PPK. Sesuai regulasi tidak boleh mendaftar PPK lagi. Pengalaman mereka adalah modal penting dalam melakukan pengawasan," paparnya. 

Kombinasi anggota Panwascam kali ini sambung Mustain bisa dikatakan komplit. Sebab, peserta seleksi yang terpilih dan dilantik terdiri dari mantan anggota PPK, incumbent Panwascam dan wajah-wajah baru. 

"Jargon kami, bersama rakyat awasi pemilu, bersama panwaslu tegakan keadilan pemilu," ucapnya. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com