Ketahanan Informasi Pendidikan

Ini Langkah Tim PKM UWG Malang dalam Mendukung UKM

Home / Pendidikan / Ini Langkah Tim PKM UWG Malang dalam Mendukung UKM
Ini Langkah Tim PKM UWG Malang dalam Mendukung UKM ibu Arie Restu, ketua tim pelaksana pkm (hijab hitam) didampingi anggota tim menyerahkan dokumen serah terima bantuan peralatan mesin vaccum frying kepada mitra ukm. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESMALANG, MALANGUWG Malang melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di UKM Keripik Pisang di Dusun Pecul, Kab Tulungagung, Jatim.

PKM ini merupakan kerjasama antara Kemenristek Dikti dan LPPM Universitas Widyagama Malang.

Tim Pelaksana program PKM dari Universitas Widyagama Malang diketuai Arie Restu Wardhani, ST.,MT.,PhD., didampingi anggotanya Purbo Suwandono, ST.,MT., dan Silviana, ST.,MT.

Mereka ingin mengangkat UKM Keripik Singkong “Ramesta" milik Lilik Sundari.  UKM ini sudah lama ada, namun selama ini dikerjakan secara konvensional.

Tim PKM memberikan bantuan peralatan Mesin Vaccum Frying (mesin penggoreng vakum), mesin spinner (peniris minyak) dan mesin perajang pisang untuk mendukung proses produksi kripik pisang Lilik.

UWG-Malang-dalam-Mendukung-UKM-v2.jpg

Tidak hanya bantuan peralatan saja yang diberikan oleh Arie Restu juga memberikan pelatihan dan penyuluhan tentang pengelolaan usaha yang baik. Baik manajemen pemasaran, pembuatan kemasan atau label yang menarik, serta pengelolaan keuangan UKM.

Metode pemasaran marketing secara online juga dibeberkan tim PKM pada Lilik. "Marketing secara on line ini sangat menunjang penjualan keripik bu Lilik, karena sekarang banyak orang yang memanfaatkan internet untuk berbelanja, mereka mengikuti zaman, produsen pun harus mengikuti zaman dan kemauan pembeli," ungkap Arie.

Lilik mengaku senang dengan bantuan dan pelatihan yang berikan oleh Tim PKM dari UWG Malang. "Ini sangat membantu dalam memajukan usaha kami, sekali lagi terimakasih pada bu Arie dan kawan-kawan dari WIdyagama Malang," ucapnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Tags:

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com