Sebanyak 250 Mahasiswa Polinema Ikuti Kuliah Tamu Soal Kecelakaan Kerja

Home / Pendidikan / Sebanyak 250 Mahasiswa Polinema Ikuti Kuliah Tamu Soal Kecelakaan Kerja
Sebanyak 250 Mahasiswa Polinema Ikuti Kuliah Tamu Soal Kecelakaan Kerja Ir. Dudung Irawan M. IM., M. SE, selaku Staf ahli GM di bidang resiko dan Kepatuhan PLN UID Jawa Timur, mengisi kuliah tamu

TIMESMALANG, MALANG – Staf Ahli GM Bidang Risiko dan Kepatuhan PLN UID Jawa Timur, Ir. Dudung Irawan M. IM., M. SE, mengatakan kecelakaan kerja terjadi, 80 persen akibat kelakuan (attitude) saat bekerja. Dan sisanya, 20 persen karena kondisi lingkungan kerja.

Hal itu dia sampaikan saat memberi kuliah tamu 'Implementasi K2 dan K3 kepada 250 mahasiswa Polinema, Jumat (13/9/2019).

Tamu-Kuliah-2.jpg

Sebagai praktisi di lapangan, Dudung menemukaan fakta bahwa banyak sekali kecelakaan kerja terjadi, khususnya generasi muda. "Bisa mengalami cacat seumur hidup atau mental," tambahnya.

Dudung menegaskan bahwa generasi muda harus mampu mengubah mindset soal K2 dan K3 agar kecelakaan saat bekerja bisa diminamalisir. "Yang penting itu mindsetnya," tegas Dudung.

Kelakuan pekerja saat bekerja harus diubah agar kecelakaan kerja tak terjadi. "Katakanlah, naik sepeda motor. Tapi kelakuannya tidak di-klik helmnya. itu kecil, tapi apabila terjadi kecelakaan, helmnya naik. Nah, jangan sampai terjadi seperti itu," paparnya.

Dudung juga menguraikan kepada mahasiswa Polinema bagaimana mindset dan kewaspadaan dalam bekerja pada generasi muda dibentuk. Salah satunya dengan menggunakan sistem manajemen K2 dan K3 yang baik.

"Kalau tidak diatasi dengan sistem manajemen yang bagus, selesai sudah. Saya harap para mahasiswa menularkan pengetahuannya kepada mahasiswa lain agar terjadi perubahan dengan berkurangnya kecelakaan kerja," tutupnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com