Ketika Orang Tua Belajar Budidaya Anggrek di Polbangtan Malang

Home / Pendidikan / Ketika Orang Tua Belajar Budidaya Anggrek di Polbangtan Malang
Ketika Orang Tua Belajar Budidaya Anggrek di Polbangtan Malang Peserta kegiatan budidaya anggrek melalui kultur jaringan di Polbangtan Malang. (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMESMALANG, MALANG – Menjadi tua bukan alasan untuk berhenti belajar. Hal itu tergambar dari para peserta pelatihan budidaya anggrek melalui kultur jaringan di kampus I Polbangtan Malang.

Mereka, para orang tua ini, merupakan para penghobi dan pecinta anggrek yang tergabung dalam kelompok Tani Subur Makmur I Desa Kalirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Anggrek-Polbangtan-2.jpg

Seperti diketahui, anggrek merupakan produk unggulan Kecamatan Lawang, khususnya Desa Kalirejo. Makanya tak keliru bila para orang tua ini memperdalam pengetahuan budidaya di Polbangtan Malang.

Pelatihan budidaya anggrek ini, diselenggarakan dalam rangka pengabdian masyarakat yang dilakukan tim dosen, terdiri dari: Irianti Kurniasari, SP, M.Biotech, Dr. Eny Wahyuning SP, MP, dan Arum Pratiwi SP, MP.

Pelatihan kultur jaringan ini dilaksanakan di Laboratorium Bioteknologi Polbangtan Malang, dan berlangsung selama 5 kali pertemuan. "Setiap minggunya terdiri dari satu materi kegiatan," kata Eny Wahyuning usai pelatihan, Senin (14/1/2019).

Dia menguraikan, lima materi tersebut adalah pengenalan alat dan ruangan kultur jaringan, sterilisasi dan bekerja secara aseptis, pembuatan larutan stok dan media kultur jaringan, penanaman eksplan/ kultur biji, dan materi acara terakhir adalah pengamatan pertumbuhan eksplan.

Tim dosen Polbangtan Malang berharap, pelatihan ini membekali anggota kelompok tani subur, sehingga dapat mempraktikkan ketrampilan kultur jaringan dalam budidaya anggrek secara langsung. "Meskipun kegiatan pengabdian masyarakat telah usai namun kegiatan pendampingan masih terus kami lakukan," imbuhnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com