Liga 1

Bukan dari Amerika Latin, Pencetak Gol Terbanyak Arema dari Tulungagung

Home / Olahraga / Bukan dari Amerika Latin, Pencetak Gol Terbanyak Arema dari Tulungagung
Bukan dari Amerika Latin, Pencetak Gol Terbanyak Arema dari Tulungagung Singgih Pitono. (Bola.com/Iwan Setiawan

TIMESMALANG, JAKARTA – Klub Liga 1, Arema FC identik dengan striker asing yang berasal dari Amerika Latin, tapi ternyata pencetak gol terbanyak sepanjang massa Arema bukanlah pemain asing. Melainkan ‘cah’ Tulungagung, Singgih Pitono yang hingga saat ini masih menaruh hati untuk Arema.

Arema menggunakan jasa Singgih sejak tahun 1988-1996, artinya Singgih membela tim Singo Edan selama 8 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, dia sudah melesakkan 67 gol di kompetisi resmi.

Musim pertama bergabung dengan Arema tidak dilalui dengan mudah oleh Singgih. Dia saat itu masih sangat muda dan kalah pamor dengan striker asal Papua Micky Tata yang kala itu mendominasi lini depan Arema. Micky Tata dikenal dengan kecepatan dan memiliki tenaga kuda, alhasil Singgih lebih banyak duduk di bangku cadangan, bahkan tidak masuk dalam komposisi tim.

Di tepi lapangan, Singgih tidak diam, dia ternyata banyak belajar dari ketajaman Micky Tata. Hasilnya, bak mesin diesel, Singgih mampu moncer di musim berikutnya pada Galatama era (1989-1990) dengan mencetak 9 gol. Berikutnya Singgih kian tajam, dengan mencetak 21 gol (1990-1992), 16 gol (1992-1993), dua gol (1993-1994), 14 gol (1994-1995), dan lima gol di musim terakhirnya (1995-1996).

Era emas Singgih bersama Singo Edan Arema bisa dibilang pada kurun waktu 1990-1992, catatan gol-golnya membuatnya merebut sepatu emas sebagai pencetak gol terbanyak dan layak dikenang sepanjang masa oleh Aremania.

Kendati tidak lagi mengabdi sebagai pemain, jasa Singgih Pitono masih digunakan oleh Arema FC di kompetisi Liga 1 2020. Dia menjadi salah satu asisten pelatih lokal yang mendampingi Mario Gomez. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com