4 Cara Mudah untuk Bantu Berhenti Merokok

Home / Gaya Hidup / 4 Cara Mudah untuk Bantu Berhenti Merokok
4 Cara Mudah untuk Bantu Berhenti Merokok ILUSTRASI - Berhenti Merokok. (FOTO: Arturs-Budkevics/Shutterstock)

TIMESMALANG, JAKARTA – Anda pasti sudah tahu apa saja bahaya merokok untuk kesehatan tubuh. Untuk menurunkan berbagai risiko merokok tersebut, Anda bisa mulai berhenti merokok dari sekarang. Meski awalnya berat, percayalah bahwa Anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat kesehatan ketika berhasil berhenti merokok.

Melansir Hello Sehat, berikut adalah beberapa cara mudah untuk membantu Anda mulai berhenti merokok dari sekarang.

1. Mulai pelan-pelan

Bagi Anda perokok berat, memutuskan untuk langsung tidak merokok sama sekali tentu sangatlah berat. Gejala “sakau” rokok bisa saja menyebabkan tubuh Anda bereaksi hebat.

Itu kenapa sebaiknya mulailah pelan-pelan. Ingat: Di dunia ini tidak ada yang instan. Semua hal pasti butuh proses.

Bila Anda terbiasa menghabiskan satu pak rokok dalam sehari, mulai dengan menyisakan satu atau dua batang di penghujung hari. Biasakan terus menyisakan rokok dalam seminggu, kemudian tambah jumlahnya menjadi sisa 3-4 batang di akhir hari Anda. Terus tambah lagi jumlah rokok yang harus dikurangi di hari-hari berikutnya.

Bila Anda bisa melewati hitungan hari, tambah tenggat waktunya jadi hitungan minggu dan per bulan sampai Anda benar-benar bisa berhenti merokok.

2. Hindari faktor pemicunya

Biasanya waktu paling krusial yang membuat seseorang ingin merokok adalah setelah makan atau saat bengong dan ngopi.

Nah supaya Anda tidak tergoda untuk merokok, isilah waktu luang itu dengan melakukan aktivitas lain. Anda juga bisa mengatasi keinginan untuk memasukkan sesuatu ke mulut dengan minum air dingin melalui sedotan atau makan permen lolipop.

Intinya, buatlah diri Anda tetap sibuk supaya ngidam rokok Anda bisa teralihkan.

3. Minta dukungan orang lain

Kadang-kadang pengaruh lingkungan pergaulan juga ikut berkontribusi besar terhadap keinginan untuk merokok. Bila memungkinkan, sampaikan ke teman-teman bahwa Anda sedang berjuang untuk berhenti merokok. Teman yang baik seharusnya akan mendukung dan memahami hal ini.

Jangan ragu juga untuk meminta dukungan dari orang-orang terdekat di sekitar Anda. Sebut saja, keluarga dan pasangan. Dukungan dari mereka dapat menambah asupan energi positif supaya Anda tetap konsisten untuk berhenti merokok.

4. Ingat kembali alasan berhenti merokok

Jika suatu hari Anda merasa ingin menyerah, coba ingat-ingat lagi apa alasan terkuat Anda berhenti merokok.

Apa Anda takut terkena kanker tenggorokan akibat keseringan merokok? Atau karena khawatir akan kondisi orangtua, pasangan, atau bahkan anak yang selalu terpapar rokok?

Sebagai bahan untuk refleksi diri, coba tuliskan semua alasan tersebut pada sebuah kertas dan tempelkan di tempat yang bisa Anda lihat dengan jelas. Misalnya di depan cermin. Alasan ini bisa jadi senjata ampuh untuk meningkatkan motivasi Anda agar tidak kembali merokok.

5. Hadiahkan diri sendiri

Berhenti merokok itu tidak mudah. Maka dari itu, ketika Anda sudah berhasil untuk berhenti merokok sama sekali, tak ada salahnya untuk memberi penghargaan pada diri sendiri. Anda bisa “menginvestasikan” uang yang semula untuk membeli rokok ke dalam tabungan. Bila uang di dalam tabungan sudah dirasa cukup, Anda bisa menggunakannya untuk berlibur atau membeli barang yang Anda suka. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com