Tips Makan Banyak Tanpa Takut Gemuk

Home / Gaya Hidup / Tips Makan Banyak Tanpa Takut Gemuk
Tips Makan Banyak Tanpa Takut Gemuk ILUSTRASI - Makan Banyak. (FOTO: journal.sociolla.com)

TIMESMALANG, JAKARTAMakan banyak tanpa takut gemuk? Wah, ini pasti keinginan para pecinta kuliner. Bukan tidak mungkin hal ini bisa Anda wujudkan. Beberapa tips berikut ini dapat Anda ikuti agar bisa makan banyak tanpa takut berat badan naik.

1. Tingkatkan aktivitas, jangan malas

Apa penyebab berat badan naik? Porsi makan yang banyak, bisa jadi salah satu jawabannya. Namun, ini bukan penyebab satu-satunya. Berat badan Anda tidak akan melonjak jauh apabila sekalipun makan banyak apabila Anda mengimbanginya dengan membakar kalori.

Sebaliknya, makan banyak bisa membuat Anda gemuk, bila energi tersebut tidak dibakar atau dipakai secara efektif. Contohnya, malas bergerak padahal Anda suka ngemil dan makan-makanan tinggi kalori.

Jika ingin makan banyak tapi tidak gemuk, Anda harus meningkatkan aktivitas fisik. Caranya dengan rutin olahraga dan lebih banyak bergerak, seperti naik tangga, jalan kaki, beres-beres rumah, dan aktivitas lainnya.

Banyaknya pembakaran kalori, bergantung pada jenis aktivitas yang Anda lakukan dan durasinya. Jika biasanya jalan santai, Anda mungkin perlu menggantinya dengan joggingatau lari. Selain itu, tingkatkan durasi olahraga supaya membakar kalori lebih besar.

2. Perhatikan kembali pilihan makanan

Jika Anda ingin makan banyak dan tidak membuat badan gemuk, pilihan makanan juga harus diperhatikan. Batasi makanan cepat saji, seperti junk food, yang tidak sehat untuk tubuh.

Pilihlah jenis makanan yang lebih bergizi, seperti sayur, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Pertimbangkan untuk meningkatkan asupan makanan yang tinggi protein dan serat. Dibandingkan karbohidrat dan lemak, protein dan serat diketahui lebih baik untuk membuat perut Anda kenyang lebih lama.

Makanan sehat yang paling direkomendasikan dan tidak membuat Anda gemuk jika diimbangi dengan olahraga adalah kentang rebus, telur, oatmeal, sup, apel, jeruk, dan pisang.

3. Jalani kebiasaan makan yang baik

Makan banyak boleh, asal tidak berlebihan dan membuat Anda kekenyangan. Ingat, jika Anda tidak ingin badan gemuk karena makan banyak, kebiasaan makan juga perlu diperhatikan.

Makanlah di saat perut Anda lapar dan sudah waktunya. Jangan melewatkan waktu makan. Sebab, makan tanpa ingat waktu ini bisa membuat Anda memasukkan kalori secara berlebihan. Akibatnya, Anda sendiri yang akan kewalahan untuk membakar kalorinya dalam tubuh.

Makan dengan tenang dan jangan terburu-buru juga merupakan kebiasaan makan yang mulai harus dilakukan. Jauhkan diri Anda dari segala hal yang mengganggu waktu makan, seperti mengobrol, bermain ponsel, atau nonton televisi.

Dengan memperhatikan tiga hal di atas, berat Anda tetap stabil dan tanpa takut berat badan naik sekalipun Anda makan banyak. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com