Begini Tips Praktis Hindari Covid-19 dengan Tingkatkan Imunitas Tubuh

Home / Gaya Hidup / Begini Tips Praktis Hindari Covid-19 dengan Tingkatkan Imunitas Tubuh
Begini Tips Praktis Hindari Covid-19 dengan Tingkatkan Imunitas Tubuh Gadis Frinawati ketika memberikan perawatan kepada pelanggannya di Sabrina Beauty Care and Subsuf Health Care. (FOTO: Sabrina Beauty Care for TIMES Indonesia)
Fokus Berita

TIMESMALANG, YOGYAKARTA – Solusi mudah dan praktis untuk meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh agar terhindar dari Virus Corona/Covid-19 dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah.

Diantaranya, dengan rutin mencuci tangan minimal 20 detik baik sebelum maupun sesudah beraktivitas, mendisiplinkan diri melakukan physical distancing serta selalu menggunakan masker.

Cara mudah selanjutnya tak kalah penting yakni berjemur di bawah sinar matahari pagi antara jam 10.00 - 15.00 WIB. Dengan berjemur maka dapat memicu produksi vitamin D yang dapat bertahan dua kali lebih lama dalam darah jika dibandingkan dengan vitamin D yang dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau makanan.

Pakar kecantikan jebolan UGM, dr Gadis Frinawati mengatakan saat berjemur cukup dilakukan selama 15 - 20 menit saja, hal ini untuk menghindari kulit menjadi terbakar.

Selain itu kandungan vitamin D juga bisa didapatkan dengan mengkonsumsi telur rebus yang matang karena telur memiliki kandungan nutrisi lengkap termasuk vitamin D dan  asam amino yang baik bagi tubuh.

memberikan-perawatan-2.jpg

“Selain itu amat penting untuk menjaga asupan nutrisi yang baik bagi tubuh, salah satunya yakni menutrisi tubuh dengan Vitamin C, dimana vitamin ini memiliki kandungan askorbat yang berguna sebagai obat flu dan mencegah berbagai penyakit,” ujar Gadis Frinawati yang juga pemilik Sabrina Beauty Care and Subsuf Health Care di sela menyalurkan bantuan vitamin kepada para santri di Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Yogyakarta, Jumat (22/5/2020).

Kandungan vitamin C berguna untuk membantu penyerapan zat besi dan menghasilkan kolagen untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C menurutnya memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi dan melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh. Sumber vitamin C sangat mudah dijumpai seperti dalam buah jeruk, stroberi, kiwi, sayuran brokoli dan bayam serta tersedia dalam berbagai bentuk suplemen siap minum konsumsi dosis yang dianjurkan.

“Pilihan lainnya untuk mendapatkan asupan Vitamin C adalah dengan melakukan inject Vitamin C dengan kandung 1.000 mg sehingga dapat langsung membooster tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan sebagai anti oksidan. Namun hal terpenting ketika memutuskan untuk membooster vitamin C dengan cara injeksi adalah pastikan ditangani oleh dokter,” tambah Gadis.

Dokter lulusan Fakultas Kedokteran UGM ini menambahkan, selain vitamin C ada pula vitamin E yang diklaim dapat meredakan gejala Covid-19. Vitamin ini berfungsi untuk memelihara daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit, menjaga kesuburan organ reproduksi, serta menjaga kesehatan organ mata, otak dan sel darah.

Vitamin E juga berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mempertahankan fungsi membran sel.

“Perlu diketahui Virus Corona dapat menyerang sel darah, kemudian merusak pembuluh darah di dalamnya. Berkaitan dengan hal tersebut, vitamin E sangat dibutuhkan tubuh guna menjaga pembuluh darah agar terhindar dari kerusakan virus. Bisa dikatakan proses penyembuhan Virus Corona akan bertumpu pada kekuatan sistem imunitas tubuh masing-masing,” jelas Gadis.

Guna meningkatkan kesehatan masyarakat, dalam bulan Ramadhan ini Sabrina Beauty Care and Subsuf Health Care juga menyalurkan vitamin kepada para santri di Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah. Dengan pembagian paket vitamin ini diharapkan kesehatan para santri dapat terjaga ditengah menghadapi masa pandemi Corona.

Staf Pendidikan Panti Asihan Yatim Putra Muhammadiyah Yogyakarta, Jamzuri mengaku sangat bersyukur dan berterimakasih atas bantuan yang diberikan. Dengan asupan vitamin yang cukup para santri dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan kondisi imunitas tubuh dan kesehatan tetap terjaga. “Aktivitas mereka tidak berubah, hanya saja kami batasi tidak boleh keluar panti asuhan untuk menjaga dalam situasi seperti ini. Kami juga meniadakan mudik karena situasi yang tidak memungkinkan ini, dengan bantuan ini semoga dapat menghibur mereka,” ujarnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com