Keutamaan Sedekah Jumat bagi Muslim

Home / Gaya Hidup / Keutamaan Sedekah Jumat bagi Muslim
Keutamaan Sedekah Jumat bagi Muslim Ilustrasi sedekah pada hari Jumat (Foto: Inhabitat)

TIMESMALANG, JAKARTA – Sedekah merupakan salah satu amal ibadah yang besar pahalanya. Keberadaannya bukan hanya berkaitan dengan penghambaan kepada Sang Khaliq, namun juga merupakan sikap solidaritas kepada sesama manusia. Keutamaan sedekah dijelaskan dalam banyak ayat Al-Qur'an dan Hadis Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Adakah waktu yang utama untuk bersedekah? Benarkah sedekah Jumat lebih banyak pahalanya?

Melansir dari laduni.id, menurut Imam Asy-Syaafi'i waktu yang utama untuk bersedekah adalah hari Jumat atau malam Jumat.

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ الصَّدَقَةُ 

"Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Asy-Syaafi'i berkata, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (al-Umm, 1/239).

ﻭَﺷَﺎﻫَﺪْﺕُ ﺷَﻴْﺦَ اﻹِْﺳْﻼَﻡِ اﺑْﻦَ ﺗَﻴْﻤِﻴَّﺔَ ﻗَﺪَّﺱَ اﻟﻠَّﻪُ ﺭُﻭﺣَﻪُ ﺇِﺫَا ﺧَﺮَﺝَ ﺇِﻟَﻰ اﻟْﺠُﻤُﻌَﺔِ ﻳَﺄْﺧُﺬُ ﻣَﺎ ﻭَﺟَﺪَ ﻓِﻲ اﻟْﺒَﻴْﺖِ ﻣِﻦْ ﺧُﺒْﺰٍ ﺃَﻭْ ﻏَﻴْﺮِﻩِ ﻓَﻴَﺘَﺼَﺪَّﻕُ ﺑِﻪِ ﻓِﻲ ﻃَﺮِﻳﻘِﻪِ ﺳِﺮًّا، ﻭَﺳَﻤِﻌْﺘُﻪُ ﻳَﻘُﻮﻝُ: ﺇِﺫَا ﻛَﺎﻥَ اﻟﻠَّﻪُ ﻗَﺪْ ﺃَﻣَﺮَﻧَﺎ ﺑِﺎﻟﺼَّﺪَﻗَﺔِ ﺑَﻴْﻦَ ﻳَﺪَﻱْ ﻣُﻨَﺎﺟَﺎﺓِ ﺭَﺳُﻮﻝِ اﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ، ﻓَﺎﻟﺼَّﺪَﻗَﺔُ ﺑَﻴْﻦَ ﻳَﺪَﻱْ ﻣﻨﺎﺟﺎﺗﻪ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻭَﺃَﻭْﻟَﻰ ﺑِﺎﻟْﻔَﻀِﻴﻠَﺔِ.

Saya menyaksikan Syekh Ibnu Taimiyah ketika akan berangkat Jumat. Ia mengambil apapun yang di rumahnya, roti dan sebagainya. Lalu ia sedekahkan secara rahasia selama di jalan.

Di dalam literatur fiqih, seperti dilansir dari laman NU Online, anjuran bersedekah di hari Jumat sebagaimana waktu-waktu utama yang lain memiliki nilai keutamaan lebih besar dari pada waktu lainnya. Hari Jumat termasuk waktu yang utama untuk bersedekah, karena Jumat merupakan hari raya orang Islam sebagaimana disebutkan dalam hadits.

Penekanan bersedekah di hari Jumat dan waktu-waktu utama yang lain bukan berarti dianjurkan untuk menunda sedekah di waktu-waktu tersebut. Sedekah bisa dilakukan kapan saja dan di mana pun berada serta kepada siapapun. Sementara anjuran sedekah Jumat adalah karena keutamaan hari Jumat. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com