Pilihan Olahraga saat Hamil Agar Tubuh Tetap Bugar

Home / Gaya Hidup / Pilihan Olahraga saat Hamil Agar Tubuh Tetap Bugar
Pilihan Olahraga saat Hamil Agar Tubuh Tetap Bugar Olahraga saat Ibu Hamil (FOTO: msn.com)

TIMESMALANG, JAKARTAOlahraga saat hamil memiliki manfaat luar biasa. Olahraga bisa mengatur kenaikan berat badan, mempersiapkan untuk menahan lebih banyak berat badan, dan membuat tubuh lebih siap melahirkan. Bahkan mood yang buruk juga bisa diperbaiki dengan olahraga. Namun tidak semua olahraga aman untuk ibu hamil lho.

Berikut ini beberapa jenis olahraga yang aman dan biasa disarankan untuk ibu hamil.

1. Jalan kaki

Jalan kaki santai adalah pilihan olahraga yang aman dan murah meriah untuk ibu hamil. Jalan kaki santai namun rutin bermanfaat untuk melancarkan kerja jantung, melancarkan peredaran darah, dan menjaga ibu hamil tetap bugar. Rutin jalan kaki bisa dilakukan mulai dari trimester pertama hingga trimester akhir menjelang melahirkan.

Biasakan jalan kaki selama 30 menit per hari. Tidak perlu jauh-jauh, cukup jalan santai mengelilingi kompleks perumahan atau di taman kota terdekat. Selama jalan kaki, jangan lupa juga bawa botol air minum agar Anda tidak sampai dehidrasi.

2. Berenang

Berenang atau senam aerobik di air adalah olahraga untuk ibu hamil yang mungkin tidak mau keringatan. Berenang juga dapat membantu meringankan mual, nyeri panggul, dan mengatasi bengkak pada pergelangan kaki.

Namun, perhatikan juga gaya renang yang dilakukan saat hamil. Gaya dada dan gaya punggung termasuk yang aman karena tidak memerlukan gerakan memutar badan yang bisa berisiko pada kehamilan Anda.

3. Pilates

Pilates dapat membantu ibu hamil mengatasi dua tantangan yang akan dialami selama kehamilan, yaitu keseimbangan tubuh dan nyeri punggung bawah. Piletes untuk ibu hamil muda dapat dilakukan sekali seminggu akan membantu membangun kekuatan dan keseimbangan.

Hindari pose berbaring telentang serta memutar bagian tengah tubuh Anda. Jangan memaksakan diri selama pilates atau latihan yang berfokus pada perut lainnya karena berisiko menyebabkan diastasis recti, suatu kondisi di mana panel paralel otot-otot perut Anda terpisah untuk sementara waktu.

4. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga terbaik yang dapat dilakukan selama kehamilan. Sama seperti pilates, sebaiknya Anda menghindari beberapa gerakan yang berisiko untuk kehamilan.

Yoga bisa membangun kekuatan dan keseimbangan, menjaga otot tetap lentur, mengurangi tekanan darah, dan mengajarkan mengelola pernapasan yang membantu proses persalinan.

Itulah empat olahraga yang bisa Anda lakukan saat hamil. Meski memiliki manfaat Anda harus tetap hati-hati ketika olahraga saat hamil. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com