Mudik Lebaran 2019, Pertamina Prediksi Peningkatan Konsumsi Gasoline Capai 12 Persen

Home / Ekonomi / Mudik Lebaran 2019, Pertamina Prediksi Peningkatan Konsumsi Gasoline Capai 12 Persen
Mudik Lebaran 2019, Pertamina Prediksi Peningkatan Konsumsi Gasoline Capai 12 Persen Pertamina memprediksi penggunaan Gasoline di wilayah Jawa Timur meningkat 12 persen. (Foto: Pertamina )

TIMESMALANG, MALANGPertamina Operation Region V Jatimbalinus (Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara) memprediksi adanya lonjakan konsumsi Gasoline yang mencapai 12 persen saat Mudik Lebaran 2019.

General Manager Marketing Operation Region V Jatimbalinus, Werry Prayogi, mengatakan berdasarkan data konsumsi BBM di tahun-tahun sebelumnya, selama masa Satgas RAFI 2019, Pertamina memprediksi terjadi kenaikan konsumsi di Jatim sebesar 12 persen untuk produk Gasoline.

Ia mengatakan pihaknya memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada 29 Mei 2019 dan 31 Mei 2019, dengan peningkatan konsumsi Gasoline tertinggi mencapai 41 persen. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada hari Sabtu-Minggu tanggal 8-9 Juni 2019 dan puncak berikutnya di 15-16 Juni 2019.

Sedangkan, untuk konsumsi produk Gasoil diprediksi mengalami penurunan konsumsi sekitar 8 persen. Penurunan terbesar pada H-7 sampai H+7 masa lebaran seiring larangan beroperasi kendaraan berat.

“Kami sudah mengantisipasi kebutuhan tersebut, dengan meningkatnya stok di Terminal BBM maupun SPBU di Jawa Timur, dan optimalisasi armada mobil tangki,” kata Werry.

Selain itu, Pertamina juga telah menyiapkan beberapa titik SPBU untuk antisipasi Mudik Lebaran 2019 di sepanjang ruas Tol Jawa Timur. Pertamina menyiapkan 11 (sebelas) SPBU + 1 KiosK di jalur tol sepanjang Surabaya - Solo. Sementara di jalur tol Surabaya - Malang dan Surabaya - Probolinggo, Pertamina Operation Region V Jatimbalinus telah menyiapkan 7 (tujuh) SPBU + 1 KiosK. SPBU tersebut ada yang berupa SPBU reguler maupun SPBU modular.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com