Airbus akan PHK 15 Ribu Karyawan

Home / Ekonomi / Imbas Pandemi Covid-19, Airbus akan PHK 15 Ribu Karyawan
Imbas Pandemi Covid-19, Airbus akan PHK 15 Ribu Karyawan Pesawat-pesawat komersial bikinan Airbus yang menguasai dunia. (FOTO: Airbus)

TIMESMALANG, JAKARTA – Raksasa produsen pesawat terbang Eropa, Airbus, berencana mem-PHK 15.000 pekerjanya di musim panas 2021

Perusahaan ini memiliki 134.000 karyawan yang tersebar di seluruh dunia. Pengurangan karyawan itu 2/3 nya karyawan yang ada di Perancis, Jerman dan Inggris. Rinciannya di Perancis (5000 orang), Jerman (5100), Inggris (1700), Spanyol (900), dan 1300 orang di tempat lainnya.

Dunia penerbangan sedang kolaps di masa pandemi ini. Manajemen Airbus daat ini tengah mengadakan pembicaraan dengan serikat pekerja perusahaan tersebut di beberapa negara.

Pemutusan hubungan kerja ini tidak bisa dihindari lagi di industri penerbangan karena pandemi Covid-19 membuat industri penerbangan oleng.

April lalu, lalu lintas udara global turun hingga 90%. Hal itu membuat banyak maskapai yang menghentikan pesawat serta pembelian pesawat.

"Airbus menghadapi krisis paling parah yang pernah dialami industri ini," kata CEO Airbus Guillaume Faury seperti dilansir North Korea Times.

Ia harap langkah tersebut bisa mempertahankan Aibus keluar dari krisis dan bisa eksis sebagai pemimpin industri dirgantara dunia.

Airbus sendiri memang berencana akan melakukan perampingan pada musim panas tahun 2021 nanti. Sebagian besar program yang ditawarkan adalah pengunduran diri sukarela dan pensiun dini. Bulan April, cash flow Airbus sangat besar di tengah pandemi Covid-19 ini.

Pengurangan karyawan di sejumlah maskapai di dunia saat ini memang sedang berlangsung. Selain Airbus, EasyJet, Selasa kemarin (30/6/2020) lalu menyatakan mengurangi 2000 karyawannya dan akan menutup tiga pangkalan di Inggris. Begitu juga Air France/KLM dilaporkan juga berencana mengurangi  6000 karyawannya sampai 2 tahun ke depan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com