Kirim Barang Cepat dan Murah, PT KAI Layani Jasa Antar Barang via KLB

Home / Ekonomi / Kirim Barang Cepat dan Murah, PT KAI Layani Jasa Antar Barang via KLB
Kirim Barang Cepat dan Murah, PT KAI Layani Jasa Antar Barang via KLB PT KAI memberi layanan antar barang melalui KLB. (Foto : Gerry Setiawan/TIMESIndonesia)
Fokus Berita

TIMESMALANG, MADIUN – Pemerintah telah memberlakukan larangan mudik dan pembatasan layanan penumpang umum selama pandemi Covid-19. PT KAI menyikapi hal itu dengan memanfaatkan kereta api luar biasa (KLB) untuk melayani jasa antar barang.

Ixfan Hendritriwintoko Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun mengatakan, pengiriman barang melalui KLB ini biayanya sangat terjangkau. Contohnya, pengiriman barang Madiun - Surabaya hanya Rp 200 per kilogram, Jakarta - Surabaya cuma Rp1.500 per kilogram. Dengan syarat minimal pengiriman 5 kilogram.

PT-KAI-memberi-layanan-antar-barang-melalui-KLB-2.jpg

"UMKM atau perusahaan bisa  menggunakan layanan ini," ujar Ixfan, Kamis (21/5/2020).

Menurut Ixfan, sejak 12 Mei lalu sudah 25 ton barang yang dikirim via KLB. Rute yang menjadi favorit pengiriman adalah Jakarta – Surabaya dengan volume barang kiriman mencapai 12.742 kilogram.

Stasiun yang melayani angkutan barang menggunakan KLB adalah Stasiun Jakarta Kota, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, dan Surabaya Pasar Turi.

Ixfan juga menjamin pengiriman menggunakan KLB dijamin tepat waktu dan aman. Selain itu pada layanan KLB juga terdapat gerbong bagasi 20 ton. Sehingga masyarakat bebas mengirimkan barang dalam berbagai ukuran.

Dalam pelayanan angkutan barang menggunakan KLB, PT. KAI tetap menerapkan protokol  kesehatan Covid-19. Petugas yang menangani barang kiriman menggunakan masker, sarung tangan dan handsanitizer.

PT-KAI-memberi-layanan-antar-barang-melalui-KLB.jpg

“Kami juga secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan pada barang-barang hantaran di stasiun keberangkatan dan kedatangan. Di samping itu penyemprotan juga dilakukan pada kantor/loket ekspeditur di stasiun, terminal, gerbong barang, dan gudang,” terang Ixfan.

Layanan jasa antar barang menggunakan KLB tersebut dibuka setiap hari meski ada cuti bersama dan libur lebaran. Diharapkan layanan PT KAI tersebut dapat membantu masyarakat dalam hal distribusi barang selama pandemi Covid-19. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com