Pengadilan Agama dan PC Fatayat NU Kabupaten Malang Fasilitasi Sidang Isbat Nikah

Home / Berita / Pengadilan Agama dan PC Fatayat NU Kabupaten Malang Fasilitasi Sidang Isbat Nikah
Pengadilan Agama dan PC Fatayat NU Kabupaten Malang Fasilitasi Sidang Isbat Nikah Suasana sidang isbat Nikah yang digelar PC Fatayat NU Kabupaten Malang bersama Pengadilan Agama (foto: Fatayat NU Kabupaten Malang for TIMES Indonesia)

TIMESMALANG, MALANG – Sebanyak 31 pasangan suami istri mengikuti Sidang Isbat Nikah yang diselenggarakan kerjasama antara Pengadilan Agama Kabupaten Malang dengan PC Fatayat NU Kabupaten Malang.

Sidang Isbat Nikah dilakukan di Desa Ketawang, Kecamatan Gondanglegi ini bertujuan agar warga mempunyai dokumen resmi yaitu buku nikah. Selain itu, pernikahannya tercatat secara hukum.

Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Malang, Nur Mutiah Faridah mengatakan, Sidang Isbat Nikah diikuti pasangan suami istri dari Pujon, Wajak, Pakis, Karangploso, Tajinan dan Gondanglegi.

"Apabila pernikahannya sudah tercatat, maka dinyatakan sah secara hukum. Mereka juga menjadi terlindungi," ujar Nur Mutiah Faridah kepada TIMES Indonesia, Sabtu (12/10/2019).

Dia menjelaskan, manfaat lainnya yakni anak-anak dari pasangan suami istri yang menjalani sidang isbat nikah, juga bisa mengurus dokumen kependudukan. Seperti akta kelahiran dan berbagai dokumen kependudukan lainnya.

"Sehingga mereka bisa mendapatkan hak seperti warga negara lainnya," tuturnya. Selanjutnya dia menjelaskan tujuan lainnya dari pelaksanaan Sidang Isbat Nikah tersebut.

Yakni pasangan yang sudah lama menikah siri pernikahannya terdaftar di KUA sesuai dengan tanggal dimana mereka melangsungkan pernikahan siri terdahulu.

"Banyak sekali pasangan yang sudah puluhan tahun menikah dan belum tercatat resmi dengan istbat nikah ini pernikahan mereka tercatat secara resmi oleh negara," ungkapnya.

Masih kata Nur Mutiah Faridah, Sidang Isbat Nikah adalah program rutin yang dilaksanakan sudah selama 10 tahun oleh PC Fatayat NU Kabupaten Malang yang berkerja sama dengan Pengadilan Agama. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com