LPBI NU Kabupaten Malang Gelar Pelatihan Penanganan Bencana

Home / Berita / LPBI NU Kabupaten Malang Gelar Pelatihan Penanganan Bencana
LPBI NU Kabupaten Malang Gelar Pelatihan Penanganan Bencana Para peserta pelatihan LPBI NU Kabupaten Malang pada saat pembukaan pelatihan (foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMESMALANG, MALANG – Sebanyak 65 orang fasilitator mengikuti pelatihan penanggulangan bencana dan perubahan iklim. Pelatihan ini digelar LPBI NU Kabupaten Malang, di SMK Cendika Bangsa, Kepanjen, Jawa Timur, Sabtu (12/10/2019).

Kegiatan ini digelar, sebagai bentuk antisipasi mengingat wilayah Kabupaten Malang masuk katagori Indek risiko bencana tinggi, baik itu tingkat nasional maupun Provinsi Jawa timur.

Ketua LPBI NU Kabupaten Malang, Rurid Rudianto mengatakan, Indek risiko bencana di Kabupaten Malang untuk tingkat nasional menempati urutan 9 dan tingkat Provinsi Jawa Timur, menempati urutan 2.

"Untuk tingkat Jawa Timur, posisi Kabupaten Malang di bawah Kabupaten Lumajang. Artinya, tingkat risiko bencana alam sangat tinggi," ujarnya kepada TIMES Indonesia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, berbagai jenis bencana alam ada di Kabupaten Malang. Mulai dari banjir, tanah longsor, erupsi gunung berapi, banjir bandang, gempa bumi hingga tsunami.

"Ini harus menjadi perhatian, bahwasanya Kabupaten Malang memang rawan bencana. Maka dari itu, kami selenggarakan pelatihan ini," kata pria ramah tersebut.

Menurutnya, para fasilitator nantinya akan dilatih berbagai materi. Diantaranya, perencanaan penanganan bencana alam, penanggulangan bencana alam, hingga rehabilitasi.

"Mereka akan menjalani pelatihan selama satu hari penuh," tuturnya. Setelah menjalani pelatihan kata dia, seluruh fasilitator akan terjun ke sekolah-sekolah untuk memberikan sosialisasi.

"Sasarannya adalah para pelajar dan guru. Harapannya mereka menjadi paham apa yang akan dilakukan ketika terjadi bencana alam," katanya.

Dia menambahkan, pelatihan yang dilaksanakan LPBI NU Kabupaten Malang ini sekaligus jelang memperingati Hari Santri Nasional.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com