Mensos Ceritakan Hasil Diskusi dengan KPK RI dan Kemendagri

Home / Berita / Mensos Ceritakan Hasil Diskusi dengan KPK RI dan Kemendagri
Mensos Ceritakan Hasil Diskusi dengan KPK RI dan Kemendagri Menteri Sosia RI (Mensos RI) Agus Gumiwang Kartasasmita saat menceritakan hasil pertemuan dirinya dengan KPK RI yang juga diikuti Ditjen Dukcapil RI dan Mendagri di Gedung KPK (Foto:Edi Junaidi ds/TIMES Indonesia)

TIMESMALANG, JAKARTA – Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita menceritakan hasil pertemuan dirinya dengan KPK RI yang juga diikuti Kemendagri.

Menurut Agus Gumiwang, pertemuan itu membahas kegiatan program-program bantuan sosial yang dilakukan oleh Kemensos beserta tata kelola pemberiannya di lapangan.

Mensos Agus Gumiwang menambahkan, bahwa ke depan setiap kegiatan bantuan sosial disepakati dalam pertemuan tadi dengan KPK, Ditjen Dukcapik dan Kementerian Dalam Negri harus terintegrasi dengan data di Nomor Induk Kependudukan (NIK).

"Nah untuk tau atau agar supaya semua proragram-program yang ada di Kementrian Sosial itu bisa efektif, bisa tepat sasran. Maka memang data terpadu kementrian sosial itu basisnya harus NIK," kata Mensos Agus Gumiwang kepada Wartawan di gedung KPK, Jl. Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (22/8/2019).

Kemudian dia menegaskan, melalui NIK tersebut. Maka setiap program bantuan sosial diprediksi akan tepat sasaran, karena sudah terpadu dengan Nomor Induk yang sudah terdata di Kemensos.

"Setiap program bantuan sosial yang ada di pemerintah termasuk yang ada di kementrian sosial itu sasarannya adalah mereka-mereka yang ada di data terpadu kesehatan sosial itu by law ya. Itu perintah dari undang-undang," lanjut Agus Gumiwang.

Dia memastikan dari sekitar 40% dari data orang tidak mampu yang sudah dikantongi Kemensos itu. Bisa segera mendapatkan hak-hak mereka sebagai rakyat yang perlu dilindungi.

"Undang-undang juga memerintahkan bahwa data terpadu tentang kesejahteraan sosial yang mengelola berkaitan 40% dari tingkat ekonomi terendah dari seluruh populasi itu data itu dikelola oleh Kementerian Sosial," tandas Mensos, Agus Gumiwang Kartasasmita. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com