Sudah 24.529 JCH Indonesia Tiba di Kota Madinah

Home / Berita / Sudah 24.529 JCH Indonesia Tiba di Kota Madinah
Sudah 24.529 JCH Indonesia Tiba di Kota Madinah Jemaah haji Indonesia Kloter Sub-01 saat tiba di Bandara AMMA Madinah. (Kemenag RI) (FOTO: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)

TIMESMALANG, JAKARTA – Sampai Rabu (10/7/2019) sudah 24.529 JCH Indonesia di Musim haji 1440H/2019 M yang diberangkatkan menuju Madinah Al-Munawwarah sejak Sabtu (6/7/2019) lalu telah berada di Kota Nabawi bahkan ribuan lainnya sudah memenuhi kota Madinah.

Para JCH Indonesia itu berangkat setidaknya dari 10 embarkasi yang tergabung dalam 60 kelompok terbang yakni embarkasi Banjarmasin (BDJ), Batam (BTH), Jakarta (JKG), Jawa Barat (JKS), Lombok (LOP), Padang (PDG), Palembang (PLM), Solo (SOC), Surabaya (SUB), dan Ujung Pandang (UPG).

Di setiap sudut Masjid Nabawi telah dijumpai JCH Indonesia. Mereka akan berada di Madinah selama 8-9 hari untuk beribadah Arbain, yaitu: salat berjamaah selama 40 waktu berturut-turut di Masjid Nabawi. Setelah itu mereka akan diberangkatkan ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji.

Jemaah-haji-Indonesia2.jpg

"Kita dilihat dunia. Maka, jaga perilaku dan ucapan kita sehingga menjelaskan kehidupan beragama di Indonesia itu penuh kedamaian. Tunjukkan kepada dunia bahwa kita jemaah haji yang tertib dan santun dan menebarkan kasih sayang," demikian pesan yang disampaikan Menag saat melepas Kelompok Terbang (kloter) pertama Embarkasi Surabaya (SUB 01) di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Rabu (6/7/2019) lalu.

Pelepasan yang dihadiri Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa itu, Menag juga mengingatkan bahwa jemaah haji adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari Indonesia. Atribut yang dikenakan jemaah di Tanah Suci juga sudah menunjukkan ke-Indonesiaan.

Selain baju batik, tersemat merah putih pada mukena jemaah haji Indonesia. Pada kain ihram juga terdapat tulisan jemaah haji Indonesia. "Jemaah adalah duta Indonesia di Tanah Suci," tegas Menag.

Hingga Rabu (10/7/2019) Kementerian Agama telah mendapat laporan bahwa sudah 24.529 JCH Indonesia di Musim haji 1440H/2019 M yang diberangkatkan dari beberapa embarkasi menuju Madinah Al-Munawwarah sejak Sabtu (6/7/2019) ini telah berada di Kota Nabawi bahkan ribuan lainnya sudah memenuhi kota Madinah. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com