BKPSDM Pemkot Batu Siapkan Anggaran Seleksi PPPK Rp 650 Juta

Home / Berita / BKPSDM Pemkot Batu Siapkan Anggaran Seleksi PPPK Rp 650 Juta
BKPSDM Pemkot Batu Siapkan Anggaran Seleksi PPPK Rp 650 Juta epala BKPSDM Kota Batu, Siswanto (Foto: M Dhani/TIMES Indonesia)

TIMESMALANG, BATU – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia atau BKPSDM Pemkot Batu sudah menyiapkan anggaran untuk seleksi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) sebesar Rp 650 juta dalam APBD Kota Batu tahun 2019. Namun hingga saat ini belum turun petunjuk teknis terkait dengan seleksi pegawai yang pelaksanaannya didasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) nomor 49 tahun 2018.

“Kita sudah menganggarkan dana sebesar Rp 650 juta untuk melaksanakan rekruitmen PPPK. Kita melihat potensi pendaftar sangat besar, karena itulah kita siapkan anggaran untuk enam hari,” kata Kepala BKPSDM, Siswanto, Senin (14/1/2019).

Diperkirakan seleksi akan dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2019 dengan dua proses seleksi. Jalur umum melalui tes SKD dan SKB yang menggunakan sistem CAT.  Sementara seleksi dari jalur honorer tetap harus mengikuti tes seperti jalur umum.

Menurut Siswanto, mekanisme PPPK ini memakai sistem kontrak, dimana setiap tahun kinerja mereka dievaluasi oleh kepala daerah. Jika kerja mereka tidak maksimal, maka bisa diputus kontrak dan mereka bekerja tetap pada satu instansi.

Syarat PPPK ini adalah WNI dari kalangan profesional, Diaspora dan honorer, berusia minimal 20 tahun dan maksimal 1 tahun sebelum masa pensiun (58 tahun).

Rekrutmen akan dilaksanakan dua tahap yakni administrasi dan kompetensi. Kontrak kerja dilakukan satu tahun, bisa diperpanjang dan pendapatan setara dengan PNS baik dari sisi gaji, tunjangan, hak dan fasilitas.

“Kita masih koordinasi dengan Bagian Organisasi kebutuhan tenaga profesional kita berapa. Kita perkirakan sekitar 60 hingga 80 orang dengan klasifikasi fungsional tertentu seperti guru, penyuluh pertanian, pekerja sosial dan tenaga kesehatan,” kata Kabid Mutasi BKPSDM, Zulkarnain mendampingi Siswanto.

Formasi ini menurut Zul cukup banyak di Kota Batu karena ada 156 rumpun jabatan fungsional tertentu di Kota Batu.

Untuk kepentingan itu Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia atau BKPSDM Pemkot Batu sudah menyiapkan anggaran untuk seleksi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) sebesar Rp 650 juta dalam APBD Kota Batu tahun 2019. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com