Dokter Umar Maju Pilkada, Ini Tanggapan Rais Syuriah PCNU Kabupaten Malang

Home / Berita / Dokter Umar Maju Pilkada, Ini Tanggapan Rais Syuriah PCNU Kabupaten Malang
Dokter Umar Maju Pilkada, Ini Tanggapan Rais Syuriah PCNU Kabupaten Malang Rais Syuriah PCNU Kabupaten Malang, KH Fadhol Hija. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMESMALANG, MALANG – Rais Syuriah PCNU Kabupaten Malang, KH Fadhol Hija angkat bicara terkait pencalonan Dokter Umar Usman yang juga sebagai Ketua PCNU Kabupaten Malang pada Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Malang mendatang.

"Kalau sesuai dengan ADART Organisasi yang ada di PCNU, apabila pengurus syuriah maupun tanfiziah maju pada kontestasi Pilkada maupun politik, maka harus mengundurkan diri," ujar KH Fadhol Hija, kepada TIMES Indonesia, Senin (6/7/2020).

Lebih lanjut dia menjelaskan, aturan mundur sebagai Ketua Tanfiziah apabila maju pada Pilkada Kabupaten Malang sesuai ADRT organisasi Pasal 51 ayat 4 dan ayat 7.

"Selain itu, sesuai dengan pedoman organisasi diatur dalam pedoman organisasi Pasal 12 ayat 1 dan 2," terangnya. Apabila tidak mundur kata KH Fadhol Hija, maka secara otomatis jabatannya akan copot.

"Sesuai ADART, apabila hingga ditetapkan sebagai Calon tidak mundur, maka secara otomatis jabatannya ditanggalkan," kata kiyai yang berdomisili di Kecamatan Ngajum ini.

Menurutnya, hingga saat ini Dokter Umar Usman yang juga sebagai Direktur RSUD Kota Malang tersebut secara organisasi belum izin untuk maju Pilkada.

"Kalau secara personal sudah. Saat mendaftar ke PDI Perjuangan beberapa waktu lalu komunikasi melalui telefon," ungkapnya.

Masih kata KH Fadhol Hija, sikap NU Kabupaten Malang pada Pilkada adalah netral. "Karena sesuai organisasi memang begitu. Tapi, warga Nahdlatul Ulama wajib berpartisipasi menggunakan hak pilihnya pada Pilkada," tegasnya.

Apabila Dokter Umar Usman nantinya telah mengajukan pengunduran diri untuk maju Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Malang, maka akan dilakukan PAW untuk mengisi kekosongan Ketua PCNU Kabupaten Malang. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com