KPU Kabupaten Malang Siapkan Tahapan Pilkada Sesuai Protokol Kesehatan

Home / Berita / KPU Kabupaten Malang Siapkan Tahapan Pilkada Sesuai Protokol Kesehatan
KPU Kabupaten Malang Siapkan Tahapan Pilkada Sesuai Protokol Kesehatan Sosialisasi Perppu Tahapan Pilkada Serentak di Ballroom Hotel Balava, Selasa (30/6/2020). (FOTO: Adtya Hendra/TIMES Indonesia)
Fokus Berita

TIMESMALANG, MALANGKPU Kabupaten Malang pastikan pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada memenuhi protokol kesehatan mencegah Covid-19.

Untuk mensukseskan hal tersebut, KPU Kabupaten Malang menggelar sosialisasi Perppu Tahapan Pilkada Serentak di Ballroom Hotel Balava, Selasa (30/6/2020). 

Pemateri sosialisasi tersebut yakni Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Jawa Timur, Muhammad Arbayanto SH MH.

"Untuk menerapkan protokol kesehatan, maka seluruh petugas pelaksanaan Pilkada harus dibekali APD," ujar Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Jawa Timur, Muhammad Arbayanto SH MH, kepada TIMES Indonesia usai sosialisasi.

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk pengadaan APD diambilkan dari APBN. "Selain APBN, juga bisa melalui hibah APD dari Pemerintah Daerah," ungkapnya.

Menurutnya, hibah APD tersebut seperti dilakukan Pemkab Malang. "Tapi perlu diingat, APD harus ada diseluruh tahapan. Jadi, tidak hanya saat pelaksanaan pemungutan suara saja," kata dia.

Masih kata Arbayanto, ini menjadi komitmen dari Pemda, apakah sanggup atau tidak memberikan hibah APD di seluruh tahapan Pilkada Kabupaten Malang tersebut.

"Apabila APD sudah ready, maka KPU Kabupaten Malang tidak perlu memakai dana APBN. Sehingga bisa dialokasikan kepada daerah yang membutuhkan," urainya.

Dia menegaskan, KPU Kabupaten Malang harus siap dalam melaksanakan protokol kesehatan pada seluruh tahapan Pilkada, karena sudah diatur dalam Perppu. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com