Akankah Surabaya Melakukan Rapid Test Covid-19 Secara Drive Thru?

Home / Berita / Akankah Surabaya Melakukan Rapid Test Covid-19 Secara Drive Thru?
Akankah Surabaya Melakukan Rapid Test Covid-19 Secara Drive Thru? Suasana penyemprotan disinfektan pada kendaraan yang akan masuk ke kota Surabaya. (FOTO: Istimewa)
Fokus Berita

TIMESMALANG, SURABAYA – Pandemik virus Corona (Covid-19) membuat kota Surabaya sampai hari ini berstatus red zone (zona merah). Berbagai upaya terus menerus dilakukan pemerintah kota untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Mulai dari sosialisasi menggunakan pengeras suara di setiap lampu merah sampai mendirikan dapur umum untuk membagikan telur rebus dan wedang pokak. Bahkan kemarin, Senin (30/3/2020) Pemkot Surabaya menyampaikan wacana penutupan 19 pintu masuk kota pahlawan.

penyemprotan-disinfektan-30.jpg

"Jadi intinya kita sudah bersiap untuk melakukan karantina wilayah di Surabaya, karena meningkatnya penderita positif Covid-19 ini yang cukup memprihatinkan," jelas Irvan Wahyudrajat, Kepala Dinas Perhubungan di Balai Kota Surabaya.

Sebelum benar-benar melaksanakan karantina wilayah, akankah Surabaya juga melakukan rapid test atau tes cepat? Sebelumnya Jawa Barat dan DKI Jakarta sudah melaksanakan rapid test untuk warganya.

Guna mencegah kerumunan orang dalam melaksanakan rapid test, Jawa Barat memilih menggunakan sistem layanan tanpa turun (lantatur) atau yang lebih akrab disebut drive thru. Rapid test secara drive thru ini juga telah banyak dilaksanakan di negara-negara maju seperti China, Korea, Amerika, dan Singapura.

Rapid test Covid-19 menggunakan sistem drive thru dipandang cukup efektif sebab warga bisa mengetahui kondisi kesehatan tubuhnya dalam waktu singkat tanpa harus keluar bersentuhan langsung dengan warga lainya. Ini sesuai dengan kampanye WHO, physical distancing. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com