Awesomefootwear, Brand Sepatu Malang yang Out of The Box

Home / Berita / Awesomefootwear, Brand Sepatu Malang yang Out of The Box
Awesomefootwear, Brand Sepatu Malang yang Out of The Box Sepatu asli Malang Awesomefootwear. (IG: Awesomefootwear)

TIMESMALANG, MALANG – Di Indonesia ada banyak brand sepatu lokal dengan kualitas yang tak di ragukan lagi, salah satunya adalah Awesomefootwear.

Awesomefootwear adalah sepatu asli Malang yang sudah berdiri sejak tahun 2007.  Kemunculan Awesomefootwear berawal dari keinginan Bram dan Izad untuk memiliki sepatu nyaman tapi keren yang dapat menunjang hobi mereka dalam bermain skateboard.

“kebetulan hobi dan passion kita skateboard, jadi pengen buat sepatu ya di pake sendiri aja,” kata Bram kepada TIMES Indonesia

Sesuai dengan passion mereka, brand ini mengusung konsep sepatu skate. Mereka mengutamakan kualitas dari produk yang mereka buat, dari segi pemilihan bahan serta kenyamanan saat digunakan. Karena seperti yang diketahui, olahraga skateboard membutuhkan sepatu yang memiliki daya tahan kuat, dapat melindungi kaki penggunanya dari gesekan, sekaligus menapat baik di papan skateboard untuk kendali sempurna saat meluncut.

Gerai-Awesomefootwear.jpgGerai Awesomefootwear di Jalan Tapak Liman No. 11 kalpataru, Malang. (FOTO: Akhmad Rizal Akhwan/TIMES Indonesia)

“Kami butuh sepatu yang siap tempur, karena kami beli sepatu buat dirusak bukan cuma gaya-gayaan. Dan kami juga tahu sepatu skateboard gak sama kayak sepatu biasanya.” tambah Izad.

Izad yang merupakan skateboarder professional mengatakan, kualitas sepatu Awesomefootwear ini tidak kalah dari produk buatan luar negeri. Ini  karena mereka ingin produk lokal juga dapat bersaing dengan produk luar negri yang sudah terkenal. Untuk itu, dipilih bahan yang bagus dan proses produksi ketat yang menjamin kualitas produk.

“Saya buktikan sendiri, saya pakai rutin buat main skate bisa kuat 4 sampai 5 bulan.” Jelasnya.

Dalam perjalanannya, ternyata sepatu yang mereka gunakan dilirik dan mendapat apresiasi yang baik tak hanya dari para skateboarder saja tapi juga orang awam. Mereka memutuskan untuk mengambil langkah agar siapa pun dapat menggunakannya. Kebanyakan orang awam malah menganggap sepatu ini dalam kategori sneakers, yang bisa dibilang sepatu bergaya atau fashion untuk penunjang penampilan, bukan semata-mata hanya untuk bermain skate.

Bram juga menambahkan, lebih dari 1 dasawarsa ini ternyata konsumen peminat Awesomefootwear lebih dari 70% merupakan orang diluar komunitas Skateboard. “Lucu ternyata, kalau yang beli banyak anak SMA atau kuliahan dan masyarakat yang bahkan nggak tau skateboard itu apa,” ucapnya.

Untuk menjaga kemurnian konsep sepatu agar tetap konsisten,  mereka menghindari campur tangan orang lain tentang desain, pemilihan bahan, serta sosial media. Hal ini dilakukan agar brand ini memiliki identitas yang berbeda dari brand sepatu lainnya, dan juga  membuat brand ini mampu bertahan lebih dari 10 tahun.

Konsep local pride yang diusung oleh brand ini dari awal adalah keoriginalitasnya, Awesomefootwear kukuh untuk terus selalu memberikan produk dengan tampilan yang sedikit ‘Nyeleneh’ dari trend yang sedang hype di dunia street kekinian. Sepatu kebanggaan Malang ini memang selalu out of the box dalam hal design. Di tengah ramainya dunia persepatuan lokal Indonesia saat ini yang suka copy paste siluete, brand ini malah mengusung kembali trend sepatu gemuk di tahun 90-an dengan warna yang bertabrakan.

“Kota Malang adalah barometer Indoensia dari sejak zaman dahulu untuk urusan olahraga, music dan pendidikan. Sebagai brand asli kota malang, kita berusaha melanjutkan heritage kota ini di dalam bentuk sepatu yang out of the box, original dan skateble,” jelas Bram yang kebanyakan merancang sendiri sepatunya.

Sampai saat ini AwesomeFootwear sudah merilis lebih dari 100 desain sepatu, dengan jumlah yang terbatas (Limited) disetiap serinya. Namun mereka membuka sistem Pre-Order dan juga custom sesuai dengan request pembeli.

Dikutip dari akun instagramnya brand ini memiliki campaign “Stop membeli produk palsu, belilah sepatu original atau buatan lokal”, mereka juga ikut menyuarakan arahan yang dicanangkan oleh Kementrian Perdagangan untuk memakai dan menggunakan produk lokal Indonesia. Hal ini bertujuan untuk menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia serta kinerja eksport Indonesia, sehingga dapat mengahsilkan produk dalam negri yang berkualitas daya saing.

“Harapan kami Awesomefootwear nantinya bisa menjadi fashion street wear bagi kota Malang dan mungkin Indonesia. Beberapa saat lalu ada turis mancanegara datang dan sangat mengapresiasi produk kami saat mereka tahu ternyata ada sneakers original yang tidak mereka temukan dimanapun, dan bisa mereka bawa pulang ke negara asalnya sebagai oleh-oleh,” kesan Bram saat mengingat beberapa bule yang datang berkunjung dan pulang dengan membawa beberapa artikel dari sepatu mereka. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com