Respon Temuan ICW, Bamsoet: Pemerintah Harus Tingkatkan Kerja Sama Lembaga Antikorupsi 

Home / Berita / Respon Temuan ICW, Bamsoet: Pemerintah Harus Tingkatkan Kerja Sama Lembaga Antikorupsi 
Respon Temuan ICW, Bamsoet: Pemerintah Harus Tingkatkan Kerja Sama Lembaga Antikorupsi  Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Bambang Soesatyo saat menggelar konfrensi pers. (FOTO: Edi Junaidi Ds/TIMES Indonesia)

TIMESMALANG, JAKARTAKetua MPR RI, Bambang Soesatyo, memberikan respon terkait hasil rilis lembaga Indonesia Corruption Watch (ICW), yang menyebutkan selama tahun 2019 tren penindakan terhadap kasus korupsi di Indonesia lebih menurun daripada dua tahun sebelumnya. Terutama kasus korupsi yang ditindak oleh Kepolisian dan Kejaksaan.

Menurut Bamsoet, menyikapi temuan tersebut maka MPR mendorong pemerintah dan lembaga pemberantasan korupsi untuk merumuskan strategi pencegahan praktik suap dengan memperkuat sistem integritas badan publik, serta mengefektifkan penggunaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan pidana korporasi sebagai strategi mengoptimalkan pengembalian aset kejahatan korupsi dan pemiskinan pelaku korupsi.

Bambang-Soesatyo-3.jpg

"Ini harus menjadi sesuatu tantangan yang sangat serius bagi masa depan bangsa kita. Harus ada strategi baru dan trobosan baru," ujar Bambang Soesatyo dalam konfrensi pers di ruang Press Room DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Bamsoet juga mendorong pemerintah untuk kembali mengevaluasi keseluruhan mekanisme perizinan sektor Sumber Daya Alam (SDA) dan lingkungan hidup yang rentan terhadap praktik penyuapan dan menimbulkan kerugian multidimensi.

Bambang-Soesatyo-9.jpg

Bamsoet, mendorong pemerintah, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan Agung dan Kepolisian untuk lebih serius dan fokus dalam menerapkan konsep asset recovery dalam upaya memiskinkan pelaku korupsi agar menimbulkan efek jera, sebagaimana dengan pernyataan Presiden Joko Widodo yang berencana memprioritaskan asset recovery tersebut dalam rangka pengembalian kerugian negara.

"Kita semua harus bekerjasama untuk berusaha keras dalam memberikan efek jera kepada pelaku koruptor. Mereka juga harus dilakukan Asset Recovery, jangan sampai kerugian negara terus meningkat hanya gara-gara ada kelalaian diantara lembaga yang sudah diberi tugas," kata Bambang SoesatyoKetua MPR RI. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com