Longsor Tutup Jalan Baru di Desa Sukomulyo Pujon

Home / Berita / Longsor Tutup Jalan Baru di Desa Sukomulyo Pujon
Longsor Tutup Jalan Baru di Desa Sukomulyo Pujon Alat pengeruk saat mengangkat tanah yang menimbun jalan, Jumat (14/2/2020). (Foto: Benaya/TIMES Indonesia)

TIMESMALANG, MALANG – Tebing longsor terjadi di Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.  Ini membuat jalan baru yang menghubungkan Dusun Bakir dan Dusun Cukal tertutup tanah sepanjang 60 meter.

Longsor diperkirakan terjadi akibat hujan deras dan kontur tanah yang tidak mendukung. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kepala desa Sukomulyo, Safiul Anwar mengatakan saat ini warga harus menggunakan jalur alternatif jika ingin pergi ke Dusun Cukal. "Kemarin langsung kita cek lokasi. Kemudian kita perkirakan untuk menggerakan warga itu nggak mengatasi. Akhirnya kami menghubungi Bina Marga untuk minta bantuan alat, dan juga bantuan alat dari BPBD" kata Safiul pada Jumat (14/2/2020).

Longsor-Pujon.jpg

Pada Jumat pagi, warga setempat bersama personil TNI/Polri serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang melakukan pembersihan di area longsor.

Pembersihan dilakukan dengan memindahkan tanah yang menimbun jalanan menggunakan dua alat pengeruk. Usai mengangkat tanah, mereka membuat selokan agar air dapat mudah mengalir saat hujan.

"Kita termasuk daerah rawan bencana, jadi setiap musim hujannya antisipasinya dari setiap perangkat desa untuk selalu pantau keadaan di desa," imbuh Safiul

Hal senada juga disampaikan oleh BPBD Kabupaten Malang, Bagyo Setyono. Ia mengatakan potensi bencana alam memang sering terjadi di Kabupaten Malang.

"Ya tipikal-tipikal gunung di Malang kan memang seperti itu seperti itu semua," katanya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com