Komandan Skadron Udara 32 Jadi Pilot Uji Coba WCB

Home / Berita / Komandan Skadron Udara 32 Jadi Pilot Uji Coba WCB
Komandan Skadron Udara 32 Jadi Pilot Uji Coba WCB Inilah bola-bola yang berisi air dalam uji coba Water Container Bombing yang dijatuhkan dari pesawat C-130 Hercules. (FOTO: istimewa)

TIMESMALANG, MALANG – Komandan Skuadron 32 Lanud Abdurachman Saleh Malang, Letkol (Pnb) Suryo Anggoro menjadi pilot pesawat C-130 Hercules type Hģdalam uji coba Water Container Bombing (WCB) di landasan pacu Lanud Suryadarma, Kalijati Subang, Jawa Barat.

Uji coba WCB tersebut disaksikan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo serta serta sejumlah pejabat sipil.

Inilah sebuah keberhasilan yang patut menjadi kebanggaan TNI Angkatan Udara. Sebab metode pemadaman kebakaran lahan dan hutan ini merupakan karya anak bangsa, yang dikembangkan oleh Dinas Penelitian dan Pengembangan (Dislitbang) TNI Angkatan Udara untuk Indonesia.

Kadislitbang TNI Angkatan Udara, Marsma TNI Rochmadi Saputro mengatakan, uji dinamis WCB ini hasil riset Dislitbangau yang telah melewati beberapa tahapan.

"Dimulai dari pembuatan kajian, penelitan, pengembangan dan pembuatan material, serta melaksanakan uji coba secara statis," katanya.

Uji coba dinamis WCB ini dilakukan dalam dua run. Run pertama, dijatuhkan 38 bola air, mengunakan track no 1 dan 3, dimana setiap tracknya terdiri dari 19 bola air.

Run kedua, dijatuhkan 38 bola air, mengunakan track no 2 dan 4. Setiap tracknya juga terdiri dari 19 bola air.

Setiap bola yang dijatuhkan berisi air 120 liter, dan mampu memadamkan api dengan luas 22 m2.

"Alhamdulillah skadron Udara 32 yang dilibatkan dalam pelaksanaan uji coba dinamis, menggunakan Hercules tail number pesawat A 1316 ini bisa masuk target yang disediakan dengan menjatuhkan bola-bola berisi air yang dijatuhkan dari ketinggian 300 feet AGL (Above Ground Level)," kata Komandan Skadron Udara 32 kepada TIMES Indonesia, Minggu (19/1/2020).

Dalam penerbangan itu Suryo Anggoro selaku captain pilot dibantu oleh dua orang Co pilot Lettu Pnb Banu, dan Letda Pnb Zagota. Bertindak sebagai navigator, yang memandu mengarahkan pesawat ke target area, adalah Mayor (nav) Afan dan Mayor (nav) Nanang.

Kepala Staf Angkatan Udara,  Marsekal Yuyu Sutisna mengatakan, uji coba WCB ini akan dibuatkan sertifikasinya oleh Dinas Keselamatan Terbang dan Kerja TNI Angkatan Udara ( Dislambangjaau)

Uji dinamis WCB itu adalah simulasi pemadaman kebakaran atas hutan dan lahan yang dilakukan dari udara.

Berdasarkan data dari BNPB, luas lahan yang terbakar di seluruh wilayah Indonesia mencapai yang terindentifikasi sejak Januari-September 2019 mencapai 857 hektare.

"Karena itu, Dislitbang TNI Angkatan Udara kemudian melakukan inovasi, menciptakan metode WCB yang diharapkan mampu bekerja secara efektif dalam menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan.

Kepala BNPB juga mengucapkan terima kasih atas keberhasilan TNI Angkatan Udara dalam membuat metode ini. "Mudah-mudahan ini menjadi solusi yang menjadi harapkan kita bersama dalam mengatasi kebakaran hutan," ujarnya.

Usai uji coba, Kasau, Kepala BNPB, pejabat Mabes TNI, pejabat dari Kementerian Lingkungan Hidup, Ketua DPRD Subang dsn undangan lainnya melihat dari dekat obyek yang dijadikan sasaran uji coba WCB.

Komandan Skuadron 32 Lanud Abdurachman Saleh Malang, Letkol (Pnb) Suryo Anggoro menjadi pilot pesawat C-130 Hercules type H dalam uji coba Water Container Bombing (WCB) di landasan pacu Lanud Suryadarma, Kalijati Subang, Jawa Barat. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com