Dua Instansi Pemkab Malang Berkolaborasi Adakan Bimtek Aplikasi E-Adminduk

Home / Berita / Dua Instansi Pemkab Malang Berkolaborasi Adakan Bimtek Aplikasi E-Adminduk
Dua Instansi Pemkab Malang Berkolaborasi Adakan Bimtek Aplikasi E-Adminduk Para operator saat mengikuti Bimtek Aplikasi E-Adminduk. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMESMALANG, MALANG – Sebanyak 66 orang operator pengurusan administrasi kependudukan, mengikuti Bimtek Aplikasi E-Adminduk yang diselenggarakan dua Instansi di Pemkab Malang, Rabu (11/12/2019).

Dua instansi yang berkolaborasi menggelar Bimtek di Ruang Anusapati Kantor Bupati Malang ini yakni Dispendukcapil Kabupaten Malang dan Diskominfo Kabupaten Malang.

Plt Kepala Diskominfo Kabupaten Malang Ferry Hari Agung mengatakan, instansinya telah mempersiapkan aplikasi E-Adminduk yang akan digunakan oleh Dispendukcapil Kabupaten Malang dalam melayani masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukan.

"Aplikasinya sudah ada, maka hari ini akan kami beri bimtek kepada para operator tersebut," ujar Ferry kepada TIMES Indonesia. Dia menjelaskan, aplikasi E-Adminduk sangat mudah digunakanan.

"Di dalam aplikasi tersebut, terdapat beberapa form pengisian. Kemudian, datanya juga terintegrasi dengan online," ungkapnya.

Selain menyediakan Aplikasi tersebut, pihaknya juga telah melakukan pengadaan untuk mendukung penggunaan aplikasi E-Adminduk.

"Untuk komputer, belum bisa kami berikan. Karena keterbatasan anggaran. Namun, kami menyediakan scanner dan printer untuk mempermudah penggunaan aplikasi tersebut," kata pria ramah ini.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Dr Ir Sri Meicharini MM mengatakan, seluruh operator yang dilatih itu, merupakan ASN bertugas di 33 kecamatan.

"Tugas mereka memang sebagai operator aplikasi E-Adminduk. Ini guna mendukung kepengurusan dokumen kependudukan di seluruh kantor kecamatan," tuturnya.

Menurutnya, aplikasi E-Adminduk ini sudah diujicoba di Kecamatan Lawang. "Dalam uji coba tersebut, sebagai gambaran pengoperasian aplikasi tersebut dan tidak menemui kendala yang berarti," katanya.

Kendati demikian, kedepan dua instansi Pemkab Malang tersebut akan terus berkolaborasi dengan baik dalam pengoperasian Aplikasi E-Adminduk yang dicanangkan pada tahun 2020. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com