Indikator
  • Undercontruction

Memajukan Film Nasional, Pusat dan Daerah Perlu Kerja Sama

Home / Peristiwa / Memajukan Film Nasional, Pusat dan Daerah Perlu Kerja Sama
Memajukan Film Nasional, Pusat dan Daerah Perlu Kerja Sama Para peserta yang mengikuti rakor perfilman di gedung P4TK PKn dan IPS, Kota Batu. (FOTO: Ferry/TIMES Indonesia)

TIMESMALANG, BATU – Undang-Undang nomor 33 Tahun 2009 mengamanatkan peran yang seimbang antara pemerintah pusat dan daerah, dalam memajukan perfilman nasional.

Perlu kerja sama untuk mewujudkan peran yang seimbang, khususnya menyangkut kebijakan perfilman. 

Hal tersebut yang melatari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), mempertemukan perwakilan pemerintah pusat dan daerah dalam forum bertajuk rapat koordinasi pengembangan perfilman di Kota Batu, Jawa Timur.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi menjelaskan, kehadiran berbagai pemangku kepentingan perfilman, sangat strategis dalam menghasilkan rekomendasi kebijakan. 

Dia berharap, melalui rakor, kebijakan-kebijakan teknis terbaru terkait perfilman dapat tersosialisasikan.

"Juga koordinasi dan komunikasi antara pusat dan daerah semakin intensif dan terjalin dengan lebih baik," lanjut Didik, Selasa (13/2/2018) malam di P4TK PKn dan IPS, tempat rakor digelar.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Kemendikbud, Maman Wijaya mengatakan, perfilman nasional tengah bangkit. Antusiasme masyarakat antusias menonton karya anak negeri makin meningkat.

Terdata, hingga tahun 2017, jumlah penonton film Indonesia mencapai 42 juta orang. "Jumlah layar juga semakin diperbanyak," imbuhnya.

Untuk itu, rakor perfilman di Kota Batu ini menjadi penting. Selain diikuti peserta dari pusat dan daerah, turut serta asosiasi, komunitas, dan pegiat perfilman.

Pusbangfilm selaku penyelenggara, juga  menghadirkan Komisi X DPR RI, serta kementerian/lembaga negara yang berperan dalam mendukung kemajuan perfilman. Di antaranya Bekraf,  Kemenpar, Kemendagri, Kemenlu, Badan Perfilman Indonesia, Lembaga Sensor Film, serta Perusahaan Film Nasional.

Terkait peran pemda, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, akan menjadi narasumber pada rakor ini. Dewanti akan memberi paparan materi tentang dukungan pemda dalam pengembangan perfilman. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com